2 Cara Mengukur Luas Tanah Dengan Google Maps Android dan Alternatifnya

by -281 Views
cara mengukur luas tanah dengan google maps android

RayTekno.com – Selain digunakan untuk mengukur jarak, ternyata Google Maps juga bisa digunakan untuk mengukur luas tanah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti cara mengukur luas tanah dengan Google Maps Android. Jika ini merupakan pengetahuan yang baru, mari simak artikel ini selengkapnya.

Cara Mengukur Luas Tanah dengan Google Maps

Google Maps Android bisa menjadi alat ukur luas tanah yang sederhana, cepat, dan tidak membutuhkan akurasi tinggi, Google Maps Android bisa membantu. Untuk bisa mengukur luas tanah, lakukan langkah demi langkah sebagai cara mengukur luas tanah dengan Google Maps Android berikut ini:


Download Klik BUKA / INSTAL / KUNJUNGI diatas

  • Yang pertama, akses Google Maps melalui aplikasi Google Maps yang ada di Android.
  • Saat menggunakan Google Maps, pastikan GPS dalam keadaan menyala sehingga bisa digunakan dengan baik.
  • Setelahnya, temukan lokasi yang akan diukur luas tanahnya.
  • Ubah tampilan peta ke tampilan satelit sehingga bentuk bangunan terlihat.
  • Klik salah satu bagian yang akan menjadi titik akhir pengukuran.
  • Pilih opsi ‘ukur’ pada jendela yang muncul.
  • Setelahnya, tambahkan titik pengukuran.
  • Lengkapi semua titik hingga mengelilingi lokasi yang akan diukur luasnya.
  • Urungkan jika titik kurang tepat.
  • Klik selesai jika semua titik sudah dipasang dengan tepat.
  • Google Maps akan segera menghitung luas tanah di area yang sudah dipilih.

Cara Alternatif Mengukur Luas Tanah di Android

Saat mengukur luas tanah menggunakan Google Maps dari Android, yang harus disadari adalah hasilnya yang tidak terlalu akurat. Google Maps hanya melakukan penguran luas tanah tanpa mempertimbangkan ketinggian tanah. Untuk itu, beberapa pengukur tanah Android ini bisa menjadi alternatifnya.

1. Menggunakan GPS Field Area Measure

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk mengukur luas tanah melalui Android adalah GPS Field Area Measure. Pengguna bisa dengan mudah menemukan aplikasi ini di Google Play Store. Dengan unduhan yang mencapai angka 10 juta dan rating yang tinggi, tentu cukup menjelaskan performa aplikasi ini.

GPS Field Area Measure ini memiliki Base Maps Google Maps. Jadi, aplikasi ini akan tertaut dengan peta yang ada di Google Maps. Kelebihannya, aplikasi ini tidak hanya mengukur luas tanah dari jarak penampang saja namun juga mempertimbangkan ketinggiannya.

Penggunaannya juga cukup mudah. Area yang akan diukur luasnya bisa dicari. Aplikasi ini memiliki tampilan default satelit sehingga lokasi bisa langsung ditemukan. Setelahnya, cukup tentukan titik pengukuran dan geser hingga sesuai. Hasilnya akan langsung ditampilkan.

2. Menggunakan Area Calculator for Land

Selain GPS Field Area Measure, mengukur tanah dari Android juga bisa dilakukan dengan menggunakan Area Calculator for Land. Aplikasi ini serupa dengan aplikasi sebelumnya. Pengguna bisa mencari lokasi mana yang akan diukur luasnya.

Jika fitur pencarian lokasi tidak bisa digunakan, pengguna bisa mencarinya secara manual. Aplikasi ini mengandalkan GPS sehingga bisa mengetahui lokasi aktual pengguna aplikasi. Jika lokasi yang akan diukur berjarak dekat maka cukup menggeser peta hingga menemukan lokasi yang diinginkan saja.

Penggunaannya juga mudah, yaitu cukup temukan lokasi yang akan diukur luasnya. Setelahnya atur titik pengukuran sehingga mengelilingi lokasi yang akan diukur luasnya. Hasilnya akan langsung ditunjukkan dengan akurasi yang sangat mendekati luas aslinya.

Memang ada cara mengukur luas tanah dengan Google Maps Android. Cara ini bisa digunakan saat membutuhkan pengukuran yang cepat dan praktis. Namun untuk hasil yang lebih akurat, hasil pengukuran Google Maps Android bisa didampingi dengan hasil dari perangkat yang lebih akurat.

No More Posts Available.

No more pages to load.