Kumpulan Aplikasi Design Graphic yang Paling Populer

by -248 Views

RayTekno.com Pada umumnya manusia selalu melihat tampilan luar suatu objek, maka dari itu aplikasi design graphic diciptakan supaya menampilkan kesan menarik. Mulai dari iklan, packaging, poster, banner, konten, semua membutuhkan rancangan.

Seiring berjalannya waktu, software-software semakin mudah dipahami dan digunakan bahkan oleh para pemula. Namun tidak dipungkiri, aplikasi andalan seperti Adobe Photoshop meskipun rumit justru mengasah skill desain Anda.

Kini semua orang mulai dari pebisnis, mahasiswa, pemilik usaha, karyawan kantor biasa, atau siswa SD mungkin bisa menggunakan tools tersebut. Ada alasan tersendiri mengapa tools semacam ini sangat diminati.

Jajaran Aplikasi Design Graphic Paling Diminati

Saat ini hampir semua usaha atau bidang pekerjaan membutuhkan keterampilan seorang desainer grafis mulai dari startup sampai perusahaan besar. Berikut merupakan beberapa rekomendasi software untuk menunjang keterampilan tersebut.

  1. Adobe Illustrator

Software Adobe Illustrator (Ai) lebih fokus kepada desain vektor untuk menciptakan loo, ikon mockup layout website, ilustrasi, poster, serta tipografi. Karena memang berbasis vektor, tidak perlu khawatir gambar akan pecah.

  1. Inkscape

Inkscape juga berbasis vektor, cocok sekali untuk kebutuhan pembuatan ilustrasi, logo, serta jenis art lain. Inkscape dapat digunakan di berbagai platform seperti Mac, Windows, Linux, dan sebagainya.

  1. Adobe InDesign

Aplikasi design graphic Adobe InDesign biasanya dimanfaatkan untuk membuat layout media cetak dan digital oleh para kreator. Menggunakan InDesign, pengguna bebas mengatur layout buku, eBook, PDF, atau majalah.

  1. CorelDRAW Graphic Suite

Sama seperti Ai dan Inkscape, CorelDRAW juga berbasis vektor untuk bikin logo, brosur, poster, sampai undangan pernikahan. Pengguna bisa ekspor atau impor dokumen berbagai format mulai PDF, PNG, atau JPG.

  1. Affinity Designer

Berdasarkan review dari penggunanya, aplikasi design graphic Affinity Designer merupakan pilihan alternatif Ai. Affinity Designer bisa dipakai untuk menciptakan ikon, logo, desain, UI, serta mockup dari vektor ke jenis lain.

  1. Canva

Canva merupakan salah satu software populer di kalangan desainer grafis pemula, karena gratis serta mudah digunakan. Canva umumnya digunakan untuk membuat curriculum vitae, namun sebenarnya ada banyak manfaat lain.

  1. GIMP

Aplikasi design graphic GNU Image Manipulation Program atau GIMP digunakan dalam proses retouching foto, menciptakan desain baru, serta mengubah komposisi gambar. GIMP bisa diakses dari Windows, Linux, ataupun OS X.

Kenapa Orang Suka Menggunakan Tools?

Karena semakin maju kebutuhan manusia, ada beragam tools atau software yang membantu memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya untuk desain grafis. Mengapa saat ini orang cenderung menggunakan tools daripada membuat manual?

  1. Menawarkan Berbagai Elemen, Font, serta Template

Keunggulan menggunakan aplikasi design graphic adalah menyediakan berbagai elemen, font, atau template di dalamnya. Sehingga para pengguna tinggal add dan memasukkan elemen tersebut tanpa ribet, tidak perlu kerja dua kali.

Cara insert elemen ke sebuah desain terbilang cukup mudah, pasti ada menu bar sendiri untuk menjalankan fungsi ini. Meskipun kurang cocok, ada berbagai referensi dari internet bebas pilih.

  1. Percuma Alias Gratis

Semua orang di dunia pasti tidak menolak jika diberi aplikasi design graphic gratis. Meskipun terbatas, versi gratis cukup membantu karena terdapat basic fitur untuk menciptakan karya sederhana, tergantung kreativitas saja.

Namun tentu saja versi premium atau berbayar pasti menawarkan lebih banyak benefit dibandingkan gratisan. Misalnya fitur lebih lengkap, elemen lebih banyak, atau hal-hal penting lainnya.

  1. Beberapa Bisa Diakses secara Mobile

Dahulu untuk menggunakan aplikasi design graphic, perangkat wajib punya adalah PC atau laptop. Namun sekarang para developer mulai beralih ke versi mobile karena mendukung mobilitas manusia.

Bahkan antara fitur di versi PC dengan versi mobile tidak jauh berbeda, mungkin hanya dari layout saja lebih disesuaikan. Hal ini sangat membantu menyelesaikan pekerjaan secara cepat kapan saja.

  1. Dapat Diakses Tanpa Install Aplikasi

Beberapa tools mewajibkan install software, sebagian lagi lebih mudah diakses melalui website. Manfaat ini sangat membantu apabila pengguna kekurangan ruang kosong pada device, sehingga lebih efisien.

  1. Memperdalam Ilmu Desain

Tools-tools seperti ini memudahkan para pemula dalam mengeksplor lebih dalam lagi, selagi bisa dimanfaatkan kenapa tidak? Karena pada beberapa software terdapat video-video tutorial yang sangat membantu.

Rekomendasi beberapa tools tadi memang bisa dimanfaatkan secara maksimal sesuai kebutuhan masing-masing. Kumpulan aplikasi design graphic sangat memudahkan pekerjaan manusia baik pemula atau profesional jika dimanfaatkan dengan baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.