5 Kegunaan Google Drive yang Sangat Penting Diketahui

by -7 Views
kegunaan google drive

RayTekno.com – Selama ini mungkin masih banyak orang yang terbiasa menyimpan data di perangkat komputer, laptop, ponsel, dan flashdisk padahal sebenarnya rawan. Hal ini mungkin karena seseorang belum memahami kegunaan Google Drive yang menawarkan beragam kelebihan dan kemudahan akses data untuk pengguna. 

Terlebih dengan penyediaan fasilitas driver aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis untuk beragam perangkat, mulai desktop maupun ponsel pintar. Menyediakan kapasitas penyimpanan gratis untuk tiap pengguna up to 15 GB hingga yang berbayar pada 100 GB hingga 2 TB. Simak penjelasan berikut:

1. Sebagai Ruang Penyimpanan Cloud

Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui kegunaan utama dari Google Drive yang dapat dijadikan sebagai opsi ruang penyimpanan secara cloud. Data dari pengguna akan tersimpan di server milik Google dan bisa selalu diakses kapan saja saat diperlukan dari berbagai perangkat.

Tidak terbatas akses dari satu perangkat, adanya Google Drive versi browser dan aplikasi memungkinkan pemilik akun log in pada multi device. Kelebihan dibanding dengan ruang penyimpanan di komputer, pengguna tidak lagi khawatir karena file akan aman dari serangan virus yang merusak.

2. Mengedit File

Dengan memanfaatkan ruang penyimpanan dari Google Drive, pengguna bisa melakukan manajemen file dan mengedit dokumen seperti .doc, .xls, dan .ppt. Tentunya dengan tidak lupa menginstal aplikasi yang mendukung format masing-masing dokumen, misalnya Word, Excel, Power Point, atau WPS Office.


Download Klik BUKA / INSTAL / KUNJUNGI diatas

Proses edit file bisa dilakukan melalui perangkat komputer maupun smartphone dengan menginstal aplikasi sehingga memudahkan akses data meski kondisi offline. Nantinya dokumen hasil perubahan akan otomatis di-upload apabila perangkat yang digunakan untuk proses edit sudah kembali terhubung ke internet.

3. Melakukan Back Up WhatsApp 

Bagi pengguna smartphone perlu memahami kegunaan Google Drive sebagai opsi terbaik tempat menyimpan back up seluruh riwayat percakapan dari WhatsApp. Pastikan untuk melakukan pengaturan back up otomatis secara rutin, misalnya setiap minggu atau bulan, tetapi lebih baik setiap hari.

Fungsi dari back up ini berguna bila suatu saat pengguna melakukan pergantian ke smartphone baru tanpa khawatir kehilangan data WhatsApp. Kelak data back up bisa diunduh kembali di perangkat smartphone yang baru tanpa ada riwayat percakapan dan foto yang hilang.

4. Melakukan Back Up Data

Pengguna bisa memanfaatkan Google Drive sebagai opsi untuk menyimpan data cadangan yang ada di ponsel dan komputer supaya tidak hilang. Dibandingkan dengan menyimpan back up di hardisk atau flashdisk yang sebenarnya sama-sama rawan terhapus bila perangkat rusak atau terkena virus.

Dengan adanya fasilitas dari Google, beragam file dapat disimpan dalam satu drive untuk bisa diakses kapan pun dibutuhkan oleh pengguna. Jadi tidak perlu lagi kesal ketika ponsel harus dilakukan reset atau laptop harus diinstal ulang karena ada masalah pada hardware.

5. Sebagai File Sharing

Pengguna Google Drive tidak hanya bisa menyimpan data untuk diri sendiri, tetapi juga bisa melakukan sharing dokumen ke sesama pengguna. Pemilik dokumen tidak perlu mengirim satu per satu lewat email atau saling bertukar flashdisk, misalnya untuk membagikan materi ke banyak orang.

Sebelumnya pengguna hanya perlu melakukan pengaturan pada ketentuan sharing, bisa melakukan hak akses berupa edit atau justru hanya view dokumen saja. Lalu, si sisi lain bisa diakses semua orang yang memiliki link dokumen atau khusus pengguna dengan akun yang telah dicantumkan. 

Demikian penjelasan beberapa kegunaan Google Drive yang perlu diketahui oleh orang-orang yang ingin opsi penyimpanan dokumen yang aman dari virus. Kelak pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data karena memiliki back up di Google Drive yang bisa diakses dari mana saja. 

No More Posts Available.

No more pages to load.