5 Macam Macam Software Akuntansi yang Wajib Diketahui

by -29 Views

Ketika menjalankan suatu bisnis, penghitungan menjadi hal krusial karena dituntut tidak ada kesalahan. Oleh sebab itu, hadirnya macam macam software akuntansi akan mempermudah pekerjaan para akuntan dan pebisnis. Software akuntansi adalah aplikasi yang diciptakan untuk mencatat, menganalisa, dan memberitakan data keuangan dari bisnis yang dijalankan.

Tentunya kegiatan perhitungan akan lebih mudah, jelas, terorganisir, dan akurat. Berbagai software akuntansi ini hadir yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Berikut ini deretan aplikasi akuntansi yang dapat dipilih.

1. Zahir

Jenis software akuntansi pertama yang banyak digunakan di Indonesia adalah Zahir. Aplikasi Zahir sudah terintegrasi dengan mobile app Zahir Cash Manager, Zahir Simply dan Zahir POSX. Terdapat berbagai laporan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan desain laporan yang dapat dirancang sendiri sesuai keinginan user di dalam aplikasi ini.

Selain itu, fitur-fitur keren lainnya hadir seperti chart of account; kontrol persediaan; kas dan bank; penjualan dan pembelian. Fitur lainnya seperti e-faktur pajak akan mempermudah pelaporan pajak secara otomatis. Pebisnis juga dapat melakukan analisis bisnis dengan aplikasi berbasis cloud ini.

2. MYOB

MYOB adalah salah satu jenis macam macam software akuntansi yang banyak dipakai oleh pebisnis. Ada 3 versi MYOB yaitu Basic, Accounting, dan Premier. MYOB Basic ditujukan untuk transaksi sederhana sebab tidak adanya modul pembelian, modul inventory, laporan utang, kartu stock, dan tidak dapat mengirim otomatis ke excel.

MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan seperti mudah digunakan, menampilkan perbandingan laporan keuangan dan analisa keuangan dalam bentuk grafik, laporan ke program Microsoft Excel tidak perlu proses export/import file, dst. MYOB Premier adalah versi yang paling lengkap. Yang membedakan keduanya adalah pelacakan mutasi antar gudang, fitur multiuser dan transaksi multicurrency.

3. Accurate

Salah satu software pelaporan keuangan yang bisa dicoba adalah Accurate. Software berbasis cloud ini cocok untuk bisnis berskala besar atau mikro. Fitur-fitur yang disediakan antara lain kas dan bank, penjualan dan pembelian, buku besar, aktiva tetap, inventory hingga RMA (Return Merchandise Authorization) dan job costing.

Accurate hadir dalam 2 versi yakni Accurate Online dan Accurate Desktop versi 5. Accurate Online dapat diakses melalui browser internet dari berbagai gadget seperti laptop, komputer (PC), tablet, smartphone (Android dan iOS). Sedangkan, Accurate Desktop versi 5 hanya dapat dipasang di komputer dengan system operating berbasis windows.

4. Bee Accounting

Bee Accounting menjadi salah satu macam macam software akuntansi yang bisa dimanfaatkan. Bee Accounting merupakan program akuntansi buatan anak negeri yang mudah dioperasikan, menguntungkan, dan juga akurat. Program akuntansi ini tersedia dalam 2 versi yakni lite, gold, dan platinum.

Pengguna dapat mengakses Bee Accounting dengan berbagai perangkat karena hadir dalam versi desktop dan cloud. Umumnya, fitur pada aplikasi ini mirip dengan aplikasi akuntansi lainnya. Fasilitas yang ditawarkan terbilang sangat lengkap diantaranya beragam desain formulir transaksi hingga laporan keuangan serta perpajakan yang mudah dimengerti.

5. Wave Accounting

Bagi pengusaha usaha kecil, Wave Accounting dapat menjadi pilihan aplikasi pengelolaan keuangan. Wave Accounting dapat menggunakan multicurrency. Aplikasi ini bebas biaya alias gratis.

Pelacakan beragam biaya dilakukan dengan mudah tanpa meng-input apapun dengan manual. Beragam tugas yang berkaitan dengan keuangan dapat dilakukan oleh Wave Accounting diantaranya mengingatkan pajak penjualan dan faktur. Fasilitas lainnya adalah berbagai bentuk laporan seperti piutang umur dan hutang, neraca, laporan laba rugi, general ledger, dan lain-lain.

Demikianlah daftar macam macam software akuntansi yang bisa dijadikan opsi untuk pembukuan bisnis. Beberapa software dapat diakses dengan desktop. Pengguna dapat menyesuaikan aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan bisnisnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.