2 Cara Backup Kontak ke Google dan Keuntungannya

by -10 Views
cara backup kontak ke google

RayTekno.com – Backup menjadi langkah penting yang harus dilakukan agar tidak kehilangan foto, dokumen bahkan kontak di android. Google menyediakan ruang besar untuk menyimpan banyak kontak. Cara backup kontak ke Google ini banyak dipilih karena dirasa lebih aman dan lebih praktis.

Salah satu layanan milik Google ini terintegrasi dengan sistem di handphone Android. Mengingat penyimpanan kontak saat ini dilengkapi dengan alamat rumah, kantor hingga email. Sehingga memiliki cadangan kontak akan sangat membantu apabila di kemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Cara Backup Kontak ke Google

Google drive memiliki layanan penyimpanan data yang bisa digunakan untuk melakukan pencadangan online kontak di Android. Cara untuk backup kontak tersebut seperti berikut:

  • Buka menu kontak yang ada di smartphone dan pilih kontak yang akan dicadangkan.
  • Akan muncul pilihan atau logo ekspor dan klik tulisan tersebut.
  • Pengguna bisa melihat tampilan yang bertuliskan “My Drive atau Drive”.
  • Ubah nama file yang ada pada kolom “Document Title” pilih alamat e-mail Google Drive yang ada pada kolom account. Juga pada folder penyimpanan yang bertuliskan folder. Klik save apabila sudah sesuai.
  • Pengguna bisa melihat langsung data kontak yang sebelumnya dicadangkan di laman Google Drive.

Ada perbedaan dari kedua cara backup kontak ke Google ini. Pengguna bisa melihat perbedaannya pada ubah folder. Berikut cara lainnya yang bisa diikuti, yaitu antara lain:

  • Buka menu kontak pada smartphone pengguna dan pilih salah satu atau semua kontak yang ingin dicadangkan.
  • Klik logo ekspor dan akan muncul tampilan “My Drive atau Drive”
  • Pengguna bisa mengubah nama file di area kolom “Document Title”.
  • Pilih alamat email Google Drive di area kolom account dan folder penyimpanan ada area yang bertuliskan folder.
  • Jika pengguna mengklik nama folder maka akan dialihkan ke halaman utama Google Drive. Akan muncul logo dengan tulisan “buat folder baru” atau “create new folder”
  • Masukkan nama folder sesuai keinginan dan klik “create”
  • Jika sudah sesuai, klik “save” untuk menyimpan.
  • Pengguna bisa melihat data kontak yang dicadangkan di halaman Google Drive pada folder yang sebelumnya sudah dibuat.

Keuntungan Backup Kontak ke Google

Ada banyak alasan mengapa mencadangkan kontak ke Google Drive disarankan. Selain praktis, beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti:

1. Keamanan Terjamin

Mencadangkan kontak tidak bisa asal menyimpannya saja. Tetapi harus memperhatikan keamanannya terutama jika menyangkut pekerjaan. Menyimpan di Google Drive bisa dipastikan aman karena disimpan di pusat data. Sebab, pencurian data seperti kontak memang mengkhawatirkan dan memicu tindak kejahatan.

2. Ruang Penyimpanan yang Besar

Google Drive menawarkan ruang penyimpanan lebih besar hingga 15 GB. Apabila pengguna membutuhkan ukuran yang lebih besar lagi, layanan Google One tersedia dengan basis cloud dan tersedia mulai 100 GB hingga 30 TB. Layanan ini berbayar tiap bulannya.

3. Mudah Diakses

Mencadangkan kontak melalui Google Drive memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Pengguna bisa mengakses kontak cadangan dan file lainnya di Google Drive melalui email yang digunakan untuk menyimpan. Ingat selalu email yang digunakan yang terhubung dengan Google Drive.

Teknologi yang kian canggih memberi banyak pilihan kepada tiap orang. Termasuk backup file, dokumen atau kontak pada perangkat smartphone sekalipun. Backup atau mencadangkan file sebaiknya dilakukan terutama jika keberadaan file tersebut dikhawatirkan terhapus.

Sementara, salah satu kendala yang sering terjadi adalah perangkat atau handphone yang dimiliki hilang. Maka, penting untuk mengetahui bagaimana cara backup kontak ke Google sebagai langkah antisipasi. Sebab, pengguna tidak akan kesulitan untuk mendapatkan kembali kontak yang dibutuhkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.