Penyebab Dan Cara Mengembalikan Akun Twitter Yang Ditangguhkan

by -42 Views

Twitter sudah diperkenalkan ke publik dari tahun 2006 dan menjadi pesaing Facebook pada masanya. Sebagai pengguna aplikasi ini tentu tidak asing dengan suspend account atau akun ditangguhkan. Untuk begitu, pengguna perlu tahu bagaimana cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan.

Twitter tentu saja tidak akan menangguhkan akun tanpa sesuatu yang jelas. Penangguhan akun biasanya disebabkan karena akun melanggar aturan Twitter. Setelah akun ditangguhkan, akun pengguna tidak dapat digunakan dengan semestinya. Namun tidak perlu khawatir karena pihak Twitter pun akan mengembalikan akun secara normal kembali. Simak terlebih dahulu penyebab akun ditangguhkan.

Penyebab Akun Ditangguhkan

Menurut aturan Twitter ada tiga alasan yang menyebabkan akun ditangguhkan seperti spam, keamanan akun berisiko dan tweet yang melecehkan. Hal yang dimaksud dengan spam adalah akun palsu atau akun yang akan menimbulkan risiko bagi keamanan pengguna dan Twitter sendiri.

Sedangkan untuk keamanan akun berisiko adalah Twitter mencurigai akun tersebut telah diretas dan diamankan agar kembali ke pemilik aslinya. Alasan terakhir lebih sering disebabkan oleh laporan yang dikirimkan pengguna lain karena akun tersebut terlibat dalam perilaku kasar.

Kedua alasan pertama akun hanya ditangguhkan sementara dan dapat dikembalikan dengan beberapa syarat yang harus pengguna ikuti. Sedangkan untuk alasan terakhir dalam beberapa kasus Twitter menangguhkan akun secara permanen jadi akun tidak dapat digunakan kembali. Akun yang ditangguhkan biasanya tertulis pada profil Twitter dan diberikan alasan yang lebih detail.

Cara Mengembalikan Akun

Dilansir dari website resminya tentang penangguhan akun, Twitter pun memberikan solusi dan cara yang harus dilakukan. Berikut adalah cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan, yaitu antara lain”

1. Mengambil Tindakan Awal

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk kembali ke akun menggunakan email dan kata sandi yang terdaftar di Twitter. Akan muncul tampilan menu awal yang berisi verifikasi nomor telepon atau email yang digunakan. Lalu ikuti instruksi selanjutnya yang tertera di layar hp untuk mendapatkan kode yang dibutuhkan.

2. Mengajukan Banding

Pengguna dapat mengajukan banding apabila Twitter melakukan kesalahan dalam menangguhkan atau mengunci akun. Terlebih dahulu masuk ke akun yang ditangguhkan lalu buka browser baru dan ajukan banding. Setelah itu, isi data diri yang diminta dengan benar serta tulis penjelasan pengajuan banding di kolom deskripsi.

Langkah selanjutnya adalah kirim penjelasan ke pihak Twitter agar dapat diproses lebih lanjut. Hasilnya akan diumumkan 24 jam setelah proses banding terkirim. Jika proses banding disetujui, akun akan dapat digunakan seperti semula.

3. Menonaktifkan Akun

Jika pengguna merasa kebingungan bisa juga melihat caranya di How To Contact Us dan pilih menu Privacy Policy. Di sana akan ada penjelasan mengenai menonaktifkan akun secara detail dan lengkap. Pihak Twitter mungkin akan menyimpan beberapa informasi akun yang dinonaktifkan untuk memastikan keselamatan dan keamanan platform serta pengguna lain.

4. Meminta Salinan Informasi Pribadi

Akun yang ditangguhkan dapat mengajukan permintaan untuk mengakses informasi pribadi mereka. Permintaan dapat ditujukan ke How To Contact Us pada menu Privacy Policy. Bisa juga langsung menuju ke halaman Help Center dan pilih Forms Privacy.

5. Mengenali Aturan Twitter

Agar pengguna tidak perlu melakukan cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan untuk kedua kalinya. Tentu harus mengetahui lebih lanjut apa saja aturan Twitter mengenai penangguhan akun. Pengguna juga dapat membaca beberapa tips dan cara terbaik untuk menggunakan Twitter yang sudah tersedia di halaman website Twitter.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengembalikan akun Twitter yang ditangguhkan, seharusnya pengguna sudah mulai aware tentang aturan Twitter. Hal tersebut dikarenakan Twitter sangat mengedepankan kenyamanan pengguna serta keamanan platformnya sendiri.

No More Posts Available.

No more pages to load.