5 Software Cek Hardisk untuk Ketahui Kesehatan Perangkat

by -62 Views

RayTekno.com – Memiliki komputer atau laptop mengharuskan penggunanya untuk selalu jeli dan tahu kondisi perangkatnya. Hal tersebut dilakukan agar pengguna bisa melakukan perawatan dengan tepat sehingga perangkat yang dimiliki akan berumur panjang. Salah satu langkah perawatan yang mudah adalah dengan memiliki software cek hardisk.

Kini banyak sekali software yang dapat dipilih untuk melakukan pengecekan, tetapi hanya beberapa saja yang dipercaya memiliki fungsi dan memberikan hasil pengecekan yang maksimal. Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika pengguna juga memilih software yang dianggap cocok dengan kondisi perangkat yang dimiliki. Berikut daftar software untuk melakukan pengecekan hardisk:

1. HDSentinel

Menjadi salah satu software cek hardisk yang paling digemari pengguna, HDSentinel atau Hard Disk Sentinel memiliki fitur yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya yaitu performa kecepatan hardisk, cek suhu, lokasi bad sector, dan masih banyak yang lainnya.

Software ini dilengkapi dengan teknologi S.M.A.R.T, yang mana akan memberikan hasil pengecekan maksimal. Pengguna tak perlu khawatir akan kesulitan karena software ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan.

2. HDDScan

Software yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kesehatan hardisk laptop atau PC oleh penggunanya melalui beberapa menu yang sudah tersedia. Berbeda dengan software lain, HDDScan bisa melakukan pengecekan untuk hampir semua tipe dan jenis HDD.

Selain bisa digunakan untuk hampir semua HDD, software ini juga bisa digunakan untuk hampir semua versi Windows, yaitu dari versi Windows Vista, Windows XP, hingga Windows 10. Pemula pun bisa menggunakannya tanpa mengalami kesulitan.

3. GSmart Control

Menawarkan beberapa jenis pengecekan kesehatan hardisk, GSmart Control memberikan kebebasan bagi penggunanya. Beberapa tipe pengecekan tersebut adalah short self-test, conveyance self-test, dan extended self-test. Tipe-tipe tersebut dibedakan dari durasi proses pengecekan hardisk. Berikut keterangan lengkap setiap tipe:

  • Short self-test. Sesuai dengan namanya, tipe ini akan melakukan pengecekan hardisk secara singkat yaitu berlangsung selama 2 menit. Setelah 2 menit, pengguna akan mengetahui kondisi kesehatan perangkatnya.
  • Extended self-test. Tipe ini sangat cocok digunakan jika ingin mengetahui kondisi hardisk secara menyeluruh. Berlangsung selama 70 menit, pengecekan bisa dipastikan akan lebih akurat.
  • Conveyance self-test. Tak jauh berbeda dengan tipe pertama, conveyance self-test juga akan berlangsung selama hitungan menit. Jika memilih tipe ini, pengguna hanya perlu menunggu 5 menit untuk mengetahui kondisi

4. HD Tune

Hampir sama dengan HDSentinel, HD Tune juga menggunakan teknologi S.M.A.R.T. Fungsinya bisa digunakan untuk hampir semua jenis hardisk, baik itu internal atau eksternal seperti SSD hingga memory card.

Selain bisa digunakan untuk hampir semua hardisk, HD Tune juga bisa digunakan pada semua Windows, mulai dari versi Windows Vista hingga versi Windows 10. Software ini cocok dipilih pengguna karena memiliki banyak keunggulan dan bisa digunakan secara gratis.

5. Seagate Seatools

Software cek hardisk yang terakhir ini memiliki fitur dan fungsi yang tak jauh berbeda dengan software sebelumnya. Namun, pengguna bisa sedikit lega karena Seagate Seatools bisa diunduh dan digunakan secara cuma-cuma. Meski gratis, Seagate Seatools bisa digunakan untuk melakukan cek kesehatan perangkat untuk semua merk hardisk.

Selain bisa digunakan untuk mengecek semua merk hardisk, software yang dikembangkan oleh Seagate ini juga bisa membantu pengguna menjaga data atau file yang tersimpan, serta bisa digunakan di berbagai sistem operasi, seperti DOS dan Windows. Tak hanya itu saja, software ini mudah digunakan sehingga cocok dipilih untuk siapa saja.

Itulah daftar software cek hardisk yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi perangkat komputer atau laptop yang dimiliki. Terdapat beberapa software yang bisa digunakan secara gratis sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

No More Posts Available.

No more pages to load.