Mengenal Kelebihan Mobil Listrik beserta Kekurangannya

by -338 Views

RayTekno.com – Meski kelebihan mobil listrik sangat banyak, tapi masyarakat indonesia belum sepenuhnya siap untuk beralih ke teknologi otomotif satu ini. Hal ini dikarenakan fasilitas penunjang untuk penggunaan mobil listrik masih sangat minim.

Selain itu, harganya yang masih terbilang tinggi menjadikan masyarakat enggan membelinya. Mobil listrik memiliki baterai atau penyimpanan energi yang nantinya akan menggerakkan mobil ini.

Saat ini sudah banyak perusahaan mobil yang mengeluarkan jenis mobil ini. Misalnya saja Tesla, Hyundai, BMW, Mitsubishi, dan masih banyak merek mobil beken lainnya. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan.

Sebab, salah satu kelebihan mobil listrik ini adalah ramah lingkungan. Meski di tengah faslitas yang tidak memadai, ternyata sudah banyak masyarakat Indonesia yang memiliki mobil listrik.

Terutama di kalangan selebriti dan konglomerat. Tapi, bagi Anda yang juga tertarik memiliki atau penasaran dengan mobil listrik, simak berbagai kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Mengenal Berbagai Kelebihan Mobil Listrik

Semakin majunya dunia otomotif dibarengi dengan kesadaran akan kelestarian lingkungan, akhirnya menghasilkan mobil listrik. Mobil ini memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingan mobil dengan BBM. Berikut ini adalah berbagai kelebihan dari mobil listrik yang harus Anda ketahui:

  1. Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh mobil listrik adalah lebih ramah lingkungan. Sebab, tidak ada pembakaran yang terjadi. Sehingga, tidak akan menghasilkan gas rumah kaca dan polutan lainnya.

Seperti yang diketahui bahwa kendaraan dengan BBM menyumbang polusi udara cukup tinggi. Misalnya saja gas rumah kaca, partikel debu, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu bisa merusak lingkungan jika terus dibiarkan.

  1. Kondisi Kabin Senyap

Kelebihan mobil listrik berikutnya adalah kondisi kabin jauh lebih senyap dibandingkan mobil dengan sistem pembakaran. Getaran yang dihasilkan sangat minim dan bunyi mesinnya juga halus.

Sehingga, Anda bisa lebih tenang saat berkendara. Tidak hanya itu, Anda dan penumpang lainnya akan merasa lebih nyaman meski dalam perjalanan jarak jauh.

  1. Biaya Perawatan Lebih Hemat dari Mobil BBM

Jika Anda berpikir bahwa memiliki mobil listrik akan lebih repot dalam perawatan hingga mengeluarkan banyak biaya, maka Anda salah. Sebab, salah satu kelebihan mobil listrik adalah biaya perawatannya yang murah.

Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu mengganti oli, air radiator, atau koil secara rutin. Jadwal pengecekannya juga tidak sesering seperti mobil konvensional. Sehingga, Anda bisa menghemat banyak uang.

  1. Hemat Energi

Mobil listrik dikenal jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal ini dikarena dalam satu kali pengisian daya, mobil listrik bisa melaju hingga jarak ratusan kilo meter.

Untuk mobil-mobil dari merek terkenal saja satu kali isi daya bisa melaju hingga lebih dari 200 km. Untuk jarak pastinya tergantung dari kapasitas baterai mobil tersebut.

Mengenal Kekurangan dari Mobil Listrik

Setelah membahas kelebihan mobil listrik, ada baiknya kami juga akan membahas mengenai kekurangan mobil ini. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa tidak ada produk teknologi yang sempurna, misalnya mobil listrik.

Kekurangan pertama tentunya fasilitas pendukung yang masih sangat minim di Indonesia. Misalnya port pengisian listrik belum tersedia di setiap lokasi layaknya pom bensin.

Hal ini sangat berbahaya apa bila baterai mobil tinggal sedikit tapi tempat pengisian masih jauh. Menurut data terbaru, total pengisian listrik untuk mobil masih berjumlah 31 lokasi di seluruh Indonesia.

Meski kelebihan mobil listrik sangat banyak, jika fasilitas dasarnya tidak memadai maka akan sia-sia. Anda tidak dapat menggunakan mobil listrik secara leluasa. Tidak hanya itu, harga baterai mobil listrik cukup mahal.

Jika Anda memiliki masalah dengan baterai mobil tersebut, maka harus menyiapkan budget besar. Sebab, harga baterai yang dijual terpisah sangat mahal. Bahkan, menurut beberapa orang tidak sebanding dengan biaya perawatannya.

Meski kelebihan mobil listrik adalah hemat energi, tapi durasi pengisian dayanya masih tergolong lama. Beberapa jenis mobil bahkan menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Hal ini tentunya tidak efektif dari segi waktu.

Anda yang sedang terburu-buru, akan terlambat jika harus menunggu daya mobil hingga penuh. Beberapa brand memang sudah mudah berinovasi dengan fitur “fast charging”, tapi masih cukup memakan waktu.

Mobil dengan tenaga listrik saat ini sudah banyak dipasarkan di berbagai negara. Kelebihan mobil listrik juga lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil dengan BBM, terutama dari aspek lingkungan.

No More Posts Available.

No more pages to load.