Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Akun Google pada Ponsel untuk Keamanan Data

by -5 Views
cara mengaktifkan sinkronisasi akun google

RayTekno.com – Ketika menggunakan ponsel baru seringkali kesulitan cara mengaktifkan sinkronisasi akun Google untuk mengakses fitur-fiturnya yang saling terintegrasi di dalamnya. Maka, ini menjadi hal yang krusial untuk segera ditemukan solusinya karena jika tidak, ponsel tidak akan bekerja secara optimal dan benar.

Sistem sinkronisasi ini memudahkan seseorang untuk login ke beberapa platform hanya dengan login di satu akun saja yaitu Gmail. Gmail menjadi kuncinya, ketika pengguna login ke Gmail, maka akun Google juga akan aktif yang memudahkan untuk terintegrasi dengan platform lainnya.

Kegunaan Sinkronisasi pada Ponsel

Sinkronisasi sering diabaikan oleh beberapa pengguna karena dianggap mengganggu dengan notifikasi yang lebih sering masuk, meskipun itu penting. Karena itu perlu dipahami bahwa mensinkronkan akun memiliki kegunaan yang besar untuk keamanan dan backup data meskipun dianggap “mengganggu” yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan Update Data Aplikasi

Jika sinkronisasi diaktifkan, maka pembaharuan data yang terjadi pada aplikasi akan otomatis diinformasikan, seperti pada email, penambahan atau pengeditan kontak. Contohnya pada email Gmail, jika ada email terbaru masuk maka akan ada notifikasi, serta backup data foto langsung ke drive.

2. Menjaga Keamanan Akun

Pada kondisi tertentu kemungkinan akun yang dimiliki berusaha diakses oleh orang lain, hal inilah yang diantisipasi sistem sinkronisasi. Ketika ada akses yang disinyalir dari orang lain, notifikasi masuk ke ponsel untuk mengkonfirmasi apakah benar datang dari pemilik akun atau bukan.

Cara Sinkronisasi Akun Google

Sinkronisasi Google secara otomatis ini ketika sudah diaktifkan akan membuat platform yang dipilih akan selalu terhubung dengan identitas pemilik akun Google. Platform yang dimaksud seperti Google Calendar, GMaps, Contact dan lain-lain yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dengan cara seperti berikut:

  • Buka Setting. Pada ponsel buka menu Pengaturan atau Setting.
  • Akun Google diaktifkan. Lalu, cari menu akun Google pada bagian bawah dengan cara scroll ke bawah, lalu tekan menu Akun Google.
  • Pilih Gmail. Kemudian, akan muncul pilihan email yang akan disinkronkan, karena pada beberapa ponsel dapat menyimpan beberapa akun Gmail.
  • Lakukan Sinkronisasi. Setelah akun Gmail dipilih, lakukan sinkronisasi terhadap platform yang tertampil.
  • Pilih Platform. Lalu, centang platform yang ingin diaktifkan sinkronisasi seperti Google Calendar, Contacts dan lainnya.

Selanjutnya cara mengaktifkan sinkronisasi akun Google dapat secara manual ketika sistem otomatis mengalami kendala atau tidak berjalan dengan semestinya. Maka, ketika telah ditemukan platform yang tidak menjalankan sistem sinkronisasinya, pada platform tersebut dapat dilakukan pengaturan ulang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka Setting. Pada ponsel dapat dibuka menu Setting untuk melakukan pengaturan.
  • Aktifkan Akun Google. Lalu, pada bagian bawah cari menu akun Google, lalu tekan menu Akun Google.
  • Pilih Akun Gmail. Setelah itu, karena pada beberapa ponsel dapat menyimpan beberapa akun Gmail akan muncul pilihan email yang akan disinkronkan.
  • Buat Sinkronisasi. Lalu ketika akun Gmail selesai dipilih, lakukan sinkronisasi terhadap platform yang mengalami kendala.
  • Pilih Platform yang Bermasalah. Kemudian, centang platform yang tidak bisa melakukan sinkronisasi seperti Google Calendar, Contacts dan lainnya.

Demikian cara mengaktifkan sinkronisasi akun Google baik secara otomatis maupun manual demi menjaga keamanan akun dan tersimpannya data yang suatu saat dibutuhkan. Inilah yang membedakan smartphone dengan tipe ponsel sebelumnya, maka untuk beradaptasi dengan perubahan juga perlu dengan menambah ilmu.

No More Posts Available.

No more pages to load.