Kelebihan Mouse Wireless Beserta Kekurangannya

by -183 Views

Raytekno.com – Berbagai kelebihan mouse wireless membuatnya memiliki semakin banyak peminat. Banyak orang akhirnya memilih untuk beralih dari mouse kabel ke wireless. Walaupun berbeda versi atau jenis, keduanya memiliki fungsi sama.

Fungsi utamanya yaitu memindahkan pointer yang ada dalam laptop atau komputer. Dengan menggunakan benda satu ini, Anda bisa memilih program atau file yang ingin dijalankan.

Jenis perangkat wireless tidak memerlukan kabel penghubung untuk bisa digunakan. Tapi, memakai gelombang elektromagnetik. Berbagai kelebihan dan kekurangannya, bisa Anda simak pada pembahasan berikut.

Kelebihan Mouse Wireless Membuatnya Banyak Peminat

Setiap jenis perangkat memiliki kelebihannya tersendiri, begitu juga dengan mouse wireless. Beberapa kelebihan dari mouse wireless yang membuatnya banyak peminat antara lain:

  1. Mudah Dibawa

Kelebihan mouse wireless adalah tidak perlu menggulung kabel, Anda bisa membawa perangkat ini kemana-mana. Hal penting perlu diingat adalah saat ingin membawanya, pastikan saklar sudah mati. Tujuannya untuk menghindari perangkat menyala kembali yang bisa menghabiskan daya.

  1. Lebih Leluasa Saat Digerakkan

Kelebihan berikutnya yaitu lebih leluasa saat digerakkan. Cocok untuk Anda yang ingin memakainya berjarak lebih jauh. Misalnya seperti menggunakannya pada televisi yang terhubung dengan laptop.

Lebih praktis juga dipakai saat sedang melakukan presentasi di depan kelas yang biasanya berjarak cukup jauh dari laptop. Kelebihan mouse wireless, Anda bisa membawanya berkeliling, sehingga tidak harus selalu mendekat pada laptop atau komputer.

Jadi, Anda bisa mengoperasikan mouse sekaligus berinteraksi kepada lawan bicara. Mengenai maksimal jarak yang dapat dijangkau oleh perangkat ini bervariasi, tergantung setiap produk.

  1. Rapi

Kelebihan terakhir adalah tampilannya lebih rapi karena tidak adanya kabel. Jadi, meminimalisir pandangan berupa kabel yang terkadang memiliki tampilan tidak beraturan.

Kekurangan Mouse Wireless Tidak Kalah Penting Diketahui

Bukan hanya kelebihan mouse wireless, kekurangannya juga tidak kalah penting untuk diketahui. Kekurangan ini bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan. Beberapa kekurangannya antara lain:

  1. Tarif Lebih Mahal

Biasanya, produk berjenis wireless memiliki tarif lebih mahal bila dibandingkan menggunakan kabel. Hal ini karena pada saat memakai teknologi wireless, dibutuhkan teknologi radio yang menambah biaya untuk pembuatan.

Sekarang ini sudah banyak produk mouse wireless memberikan harga terjangkau. Tapi, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli. Sebab, harga terlalu murah biasanya akan memberikan kualitas rendah.

Produk terlalu murah akan berakibat pada mudah rusaknya mouse saja. Ditandai dengan perangkat tidak berfungsi ketika dioperasikan. Kemungkinan buruk lainnya perangkat mudah sekali mengalami error.

  1. Daya Tidak Tahan Lama

Terlepas dari kelebihan mouse wireless, kekurangan lainnya yaitu daya tidak tahan lama. Keterbatasan daya ini karena sumber yang dipakai untuk membuat perangkat ini hidup atau menyala memakai baterai.

Bila daya baterainya habis, Anda perlu mengisikannya dengan yang baru. Daya akan lebih cepat habis ketika intens penggunaannya tinggi. Ketika baterai melemah, lampu pada perangkat akan tampak redup.

Jenis baterainya memang mudah ditemukan. Situasi mempersulit adalah ketika daya habis secara tiba-tiba, sedangkan perangkat sangat dibutuhkan saat itu. Penjual sedang tutup toko dan Anda tidak memiliki baterai cadangan.

Inilah yang membuat baterai cadangan sangat penting dimiliki saat memakai mouse jenis wireless. Tujuannya tidak lain supaya pekerjaan tidak terhambat dan berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Receiver Kecil

Fungsi receiver pada perangkat wireless ini yaitu menerima sinyal yang diinputkan oleh transitter untuk nantinya diteruskan ke laptop atau komputer. Ukuran receiver yang dimiliki cenderung kecil, sekitar sepertiga dari ukuran flashdisk secara umum.

Kelebihan mouse wireless bila bagian receivernya berukuran kecil lebih praktis. Kekurangannya, ketika receiver kecil, rentan mengalami kehilangan karena terselip atau jatuh. Ketika benda kecil ini hilang, Anda tidak akan bisa memakai mouse sama sekali.

Untuk mengurangi kemungkinan buruk ini, terdapat beberapa receiver yang memiliki tempat khusus untuk menyimpannya. Biasanya tempat khusus ini dapat Anda temukan di dalam mouse.

Jangan lupa untuk memasukkan receiver ke dalam tempat khusus yang sudah disediakan bila ingin membawanya bepergian. Simpan pada jenis tempat aman lain jika perangkat tidak menyediakannya.

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, peminat perangkat ini tetap banyak. Mereka tidak terlalu mempermasalahkan kekurangan yang ada. Pasalnya kelebihan mouse wireless yang diberikan sudah cukup untuk menutupi kekurangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.